Monday 13 January 2014


MAKALAH
AFTER EFFECTS


Disusun sebagai tugas sekolah mata pelajaran
Menerapkan Efek Khusus
Guru Pengampu : Sunandar, Amd  




Disusun Oleh :

FATCHURAHMAN ALI (2011429)
XIIMM2


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
CORDOVA MARGOYOSO PATI
2013
KATA PENGANTAR
            Segala puji bagi Allah yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Adobe After Effect adalah program pengolah video editing. Fungsi Adobe after  Effect  adalah  digunakan  untuk  mengolah dan  menambahkan  efek  efek khusus dalam pembuat video acara -acara seperti pernikahan, maupun  pembuatan Iklan di industri perTVan (broadcast).
Sering kita jumpai sebuah efek-efek khusus dalam dunia sinetron dipertelevisian indonesia. Biasanya banyak kita jumpai pada sinetron-sinetron di Indosiar. Maka dari itu makalah ini dibuat untuk menginspirasi generasi-generasi muda multimedia. Khususnya bagian editing video. Begitupun dengan SMK CORDOVA. Di sini kami bersama-sama belajar editing video termasuk software Adobe After Effek ini. Itulah sebabnya kita membuat makalah ini.
Sesuai kata orang bijak, tidak ada yang sempurna dalam hidup. Oleh karena itu, dengan senang hati ami senantiasa menerima saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca untuk memperbaiki mutu buku pada edisi berikutnya.
            Semoga dengan makalah ini kita dapat mengambil dan mengetahui ilmu ang bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman teknologi di dunia semakin berkembang salah satunya pada dunia Editing video. Efek video dibuat untuk menmbah kesan dari dramatis kepada penonton. Sehingga mereka tertarik untuk melihatnya. Maka dari itu pembuatan efek harus sekreatif mungkin. Selain itu belajar editing video juga dibuat untuk mengembangkan kreatifitas seseorang. Oleh karenanya dibukalah jurusan Multimedia yang didalamnya terdapat pembelajaran efek-efek khusus. Untuk belajar membuatnya hendaknya kita kita harus mengetahui pengertian after efek, sejarah after efek, proses pembuatan efek khusus dan aplikasi apa yang digunakan untuk membuatnya.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa Pengertian After efek?
2.      Bagaimana Sejarah After efek itu?
3.      Bagaimana Proses pembuatan efek khusus?
4.      Apa Aplikasi Pengolah efek khusus?



BAB II
PEMBAHASAN

Adobe After Effect adalah program pengolah video editing. Fungsi Adobe after  Effect  adalah  digunakan  untuk  mengolah dan  menambahkan  efek  efek khusus dalam pembuat video acara -acara seperti pernikahan, maupun  pembuatan Iklan di industri perTVan (broadcast).
Cara memulai program After Effect CS3 :
1.      Pada waktu penulis menginstal program After Effect ini penulis sendiri pertama kali juga dibuat bingung, bagaimana memulainya? apa yg harus saya lakukan dengan program ini? apakah saya bisa memakainya? dan beberapa pertanyaan lainnya, akhirnya dengan sedikit kesabaran dan ketelatenan penulis mulai bisa menguasai sedikit dan langsung dibagikan kepada para pengunjung di ilmuGrafis :) "walaupun kecil yg penting berbagi, tul gak gan" berikut ini cara membuat lembar kerja baru (new Project) di Adobe After Effect: disini penulis menggunakan After Effect CS3.
2.      Pada Windows Klik Start >> All Program >> Adobe After Effect CS3
maka anda akan melihat tampilan seperti ini:
   
3.      klik gambar untuk memperbesar tampilan Layout AE CS3
sebelum kita masuk ke langkah berikutnya, simak keterangan Layout AFTER EFFECT CS3 di atas
.

·      MENU UTAMA
Tempat kumpulan menu - menu untuk mengakses fitur yang ada di AE CS3 terdiri dari File, Edit, Composite, Layer, Effect, Animation, dll.
·      TOOL BAR
Tempat alat - alat untuk mengEdit Video nantinya seperti Zoom, Teks, Shape, Clone, dll.
·      LIBRARI dan EFEK VIEW
Tempat file source dan juga tampilan efek yang akan dimunculkan di Video anda. Ini adalah tempat semua impor Komposisi, Video, Audio, Graphics dll.
·      KUMPULAN PALLETE
Ada beberapa seperti Time, Audio, Efek dll. Ini panel yang besar namun tidak sepenuhnya diperlukan untuk penggunaan dasar. Hal ini dapat ditutupi di Tutorial yang akan datang.
·      KOMPOSISI
Menampilkan isi frame untuk komposisi yang dipilih.
·      DETAIL EFEK dan LAYERS
Seperti halnya program desain grafis lainnya, Palette ini digunakan untuk Navigasi anda dalam mengedit Video serta memberikan sentuhan permainan LAYER MODE, BLEND MODE, maupun MASKING untuk menggabungkan 2 gambar atau lebih sehingga terlihat menjadi 1 tampilan Animasi.
·      TIMELINE
Timeline adalah fungsinya menampilkan durasi dan panjang video serta tampilan layer dan keyframe anda.



4.      klik Composition >> New Composition

nah akan muncul seperti ini:



Penjelasan Setting Composition di After Effect CS3:
a)      Berikan nama Komposisi Anda (sesuatu yang sedikit lebih deskriptif dari "Comp satu" misal nama project anda).
b)     Atur tahap yang diperlukan dimensi Anda jika Anda tahu spesifik Ukuran Video anda (ini bisa diubah nanti jika diperlukan).
c)      Set Pixel Rasio Aspek untuk Square Pixel karena ini akan menjadi Flash.
d)     Mengatur frame rate AE untuk menyesuaikan frame rate yang ingin Anda gunakan dalam Flash.
e)      Tetapkan durasi Anda diperlukan Komposisi [ini juga bisa diubah nanti jika diperlukan]. Klik OK.

2.        SEJARAH AFTER EFFECTS
After effects pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe dan merupakan sebuah perangkat lunak (software) grafik gerak digital dan  composite yang penggunaan utamanya adalah untuk film dan pasca produksi video. After Effects awalnya diciptakan oleh Company of Science Art di Pridence, RI, (CoSA)USA. Versi 1.0 dirilis pada Januari 1993. Versi 2.1 memperkenalkan PowerPC Acceleration pada tahun 1994. CoSA bersama dengan After Effrects kemudian diakui sisi oleh perusahaan Aldus pada bulan Juli 1993. Perusahaan ini kemudian diakui sisi oleh Adobe pada tahun 1994, dan dengan itu PageMaker After Effects. Rilis pertama oleh Adobe untuk After Effects adalah Dukungan Plug-In AfterE ffects.

3.        PEMBUATAN EFEK
Pada dasarnya, prinsip animasi pada after effect sama dengan software animasi lain. Yaitu menggunakan keyframe. Keyframe adalah sebuah frame dimana terdapat perubahan yang spesifik didalam sebuah animasi. Kalau agan sudah mahir dan menguasai flash, pasti bakal fahim dan gak akan asing dengan yang namanya keyframe ini.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat tuttorial berikut:
1.    Buat composition baru: pada menu composition > new composition 
oh ya, setiap akan memulai sebuah proyek, harus membuat composition   baru dulu. atur setting Composition. saya mengaturnya seperti ini....



2.         Import sebuah gambar dan masukkan/drag ke timeline.


3.         Sekarang, pada timeline klik panah layer untuk membuka pengaturan transform.Transform ini adalah pengaturan animasi dasar pada after effect. Ok, sekarang klik panah pada transform dan akan membuka buah pergerakan. Ada position untuk posisi, scale  untuk skala, rotation untuk perputaran, opacity untuk transparansi, dan lain-lain. Selain cara diatas, ada juga cara yang lebih simpel dan mudah untuk memunculkan pengaturan tadi. Caranya tinggal seleksi layer klik tombol T pada keyboard untuk opacity,P untuk position, S untuk scale,dan R untukrotation.
  
 
4.    Ini intinya. Untuk membuat keyframe, posisikan slider pada timeline agar berada pada detik pertama. Setelah itu, pada effect position, scale, rotation dan opacity klik ikon stopwatch  untuk membuat keyframe, Maka pada detik pertama akan muncul titik berwarna kuning yang menandakan keyframe.


5.    kecilkan ukuran gambar kira-kira seperti gambar dibawah.

6.      Untuk mengecilkan gambar, kita bisa menggunakan select tool dan menggeser ujung gambar hingga mengecil mirip di photoshop, atau mengubah nilai pada scale menjadi lebih kecil. Hal ini berlaku pula untuk position, rotation.

 
7.      Perkecil nilai pada opacity menjadi nol supaya gambar tak terlihat. Untuk merubah nilai, coba drag mouse kesebelah kiri untuk memperkecil. Atau bisa juga dengan mengklik nilai tersebut dan menuliskan nilai secara manual.
8.    Ok, sekarang geser slider ke detik 2. Dan perbesar nilai opaciti menjadi 100 agar terlihat jelas. Jangan lupa perbesar skala gambar seperti contoh dibawah.

9.      Putar gambar menggungakan rotate tool sesuka anda. Gambar diputar 360 derajat, hingga posisinya seperti asal. Digambar bawah terlihat nilai Rotation 3 x +0.0 pada keyframe 2. sebelumnya pada keyframe 1 nilainya 2 x +0.0.

10.    Coba geser slider ke detik pertama dan klik play. Kalau berhasil, kira-kira animasinya sepert ini:
11.    Agar akhir animasi tampak dramatis, kita bisa tambahkan optical flares.
12.    Masukkan flares ke timeline dan jadikan sebagai background.
13.    Posisikian supaya puncak terang/ paling silau flares berada pada detik ke 4 dengan menggeser layer flares ke kanan.
14.    Kembali aktifkan layer gambar, dan pada detik ke 4  beri keyframe dengan mengklik add keyframe pada scale dan opacty.
15.    Geser slider ke kanan, kira-kira 3 frame dari detik ke 4 dan ubah nilai opacity menjadi nol, dan kecilkan skala gambar mengikuti ukuran flares yang mengecil. Sekarang coba play animasi.



BAB III
PENUTUP

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT seiring dengan pembuatan Makalah After Effects ini, karena dengan rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan data-data yang diperoleh dari berbagai sumber dan hasil pikir sendiri. Selama pembuatan Makalah ini penulis juga dapat memberikan kesan dan saranya.

A.    KESIMPULAN

Kami mengambil beberapa kesimpulan yang diantaranya :
1.    Dalam hal ini computer sangatlah penting dikarenakan system compute-risasi saat ini sangat membantu dalam proses pembuatan efek khusus.

2.    Makalah ini dibuat untuk menamabah ilmu baru tentang After Effects.

3.    Makalah ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi siswa dalam pendidikan.

4.    Mendapatkan pengetahuan lebih luas tentang.

 

B.    SARAN

a.       Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa saran yang mungkin bermanfaat bagi pembaca, janganlah sungkan untuk membaca.
b.      Mengutamakan pengetahuan dan keterampilan untuk berkreasi.
c.       Untuk para siswa agar lebih giat lagi untuk belajar.karena persaingan dunia kerja pada saat ini semakin ketat.

   Demikian kesimpulan dan saran-saran dari kami, Makalah ini dapat bermanfaat menambah wawasan baru bagi pembaca .






                                          

0 comments:

Post a Comment